Kehamilan Pada Penderita Gagal Ginjal: Mungkinkah?


Kehamilan merupakan salah satu tujuan dari sebagian besar pasangan yang menjalani pernikahan. Selain untuk melangsungkan keturunan, kebanyakan wanita perlu menyalurkan naluri keibuannya dalam mengasuh anak. Meskipun begitu, apakah kondisi penyakit ginjal memungkinkan untuk menjalani kehamilan?

Kehamilan pada Penyakit Ginjal Kronik (PGK)

foto: rawpixel.com

Davidson dan Lindheimer pada 2010 menunjukkan wanita dengan PGK ringan dan tekanan darah normal menunjukkan 95% kelahiran hidup dengan 75% dari bayi yang lahir memiliki berat badan sesuai usia kehamilan. Sayangnya, stadium yang lebih lanjut tidak menjukkan hasil yang menjanjikan. Penyakit yang mendasari terjadinya PGK beserta pengobatannya juga berkontribusi menentukan keberhasilan kehamilan. Penyakit seperti lupus dapat memengaruhi organ selain ginjal yang berdampak pada komplikasi kehamilan, begitu juga dengan obat-obatan yang digunakan.

Kehamilan pada penerima donor ginjal

Dok. Pernefri

Wanita yang menerima donor ginjal memiliki kesuburan lebih rendah dari wanita pada umumnya. Penelitian di Inggris menunjukkan adanya keberhasilan yang cukup tinggi untuk kehamilan pada wanita penerima donor ginjal. Riwayat menerima donor ginjal meningkatkan risiko hipertensi dan preeklamsia pada kehamilan, yang dapat berujung pada kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, operasi sesar, dan kematian. Risiko tersebut semakin meningkat jika fungsi ginjal yang didonorkan tidak optimal.

Kapan merencanakan kehamilan?

Photo by Sarah Pflug from Burst

American Society of Transplant menyarankan kehamilan pada penerima donor ginjal baru boleh dipertimbangkan jika dalam 1 tahun tidak ada reaksi penolakan, ginjal berfungsi dengan baik, tidak ada infeksi, dan konsumsi rutin obat-obatan yang mampu menahan reaksi penolakan. Penelitian oleh Ros dkk menunjukkan risiko komplikasi kehamilan tertinggi pada 2 tahun pertama pasca pencangkokan ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *