World Kidney Day 2018: DKI Jakarta

Dalam rangka memperingati World Kidney Day tahun 2018, Pernefri Korwil DKI Jakarta melaksanakan serangkaian kegiatan, di antaranya adalah Pernefri Goes to Office, Kidney Fun Walk, Penyuluhan Kesehatan Ginjal, Talkshow Transplantasi Ginjal, dan acara donor darah. Serangkaian acara ini diadakan dalam rentang waktu satu bulan di bulan Maret.

Acara Pernefri Goes to Office merupakan acara edukasi masyarakat di berbagai kantor, baik swasta maupun pemerintahan, terkait kesehatan ginjal. Acara juga disertai pemeriksaan kesehatan gratis, yakni pemeriksaan tekanan darah, tinggi dan berat badan, urinalisis, dan serum kreatinin darah. Kantor yang dikunjungi antara lain adalah kantor Fresenius Medical Care, Kementrian Ketenagakerjaan, Badan Informasi Geospasial, dan Kementerian Pertanian. Jumlah peserta tiap kantor mencapai 150 – 220 orang.

Acara berikutnya yakni Kidney Fun Walk, dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2018 di area car free day di Jln. Sudirman, Jakarta Pusat. Acara yang dihadiri lebih dari 1500 peserta ini meliputi kegiatan senam Zumba, talkshow mengenai kesehatan ginjal wanita, pertunjukan musik, gerak jalan sehat, dan pemeriksaan kesehatan gratis. Acara dibuka oleh Kasubdit PJPD Kemenkes dr Zamhir Setiawan, M.Epid, dan dr. Aida Lydia, Ph.D, SpPD-KGH, Kepala Divisi Ginjal-Hipertensi RS Cipto Mangunkusumo, disertai pelepasan balon. Setelah kegiatan senam Zumba dan fun walk, acara dilanjutkan dengan talkshow oleh dr Aida Lydia, Ph.D, SpPD-KGH dan dr. Gatot Purwoto SpOG (K), ahli kanker kandungan dan staf Divisi Onkologi, Departemen Obstetri dan Ginekologi RS Cipto Mangunkusumo. Kegiatan talkshow membahas mengenai kesehatan ginjal wanita, dan dampak kanker serviks dan pre-eklamsia terhadap kesehatan ginjal. Peserta yang datang pun tampak antusias dan mengajukan banyak pertanyaan. Acara ditutup dengan aksi hiburan musik dari Drummerunic.

Kegiatan donor darah, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Jakarta, diadakan di Ruang Kuliah Penyakit Dalam (RKPD) FKUI-RSCM pada tanggal 29 Maret 2018. Kegiatan dihadiri 130 peserta, dan berhasil menampung banyak donasi darah. Selain itu, dilakukan juga penyuluhan di poliklinik penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo untuk pasien dan keluarga pasien. Kegiatan penyuluhan dalam media cetak berupa brosur, baliho, dan leaflet juga dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat  akan kesehatan ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *